Latihan 2 Soal dan Jawaban Akuntansi Keperilakuan

 



Latihan 2 Soal dan Jawaban Akuntansi Keperilakuan


1.        Manajer cenderung mengartikan pengendalian secara sempit, seperti mengukur kemajuan  terhadap rencana untuk menjamin pencapaian tujuan yang telah ditentukan. Sistem yang digunakan untuk melaksanakan pengendalin seperti ini dikenal dengan sistem diagnostik. Masih terdapat tiga sistem pengendalian lainnya yaitu sistem kepercayaan, sistem batasan dan sistem interaktif.

a.      Jelaskan ketiga sistem pengendalian tersebut dan bagaimana perusahaan harus menerapkan sistem pengendalian tersebut seiring dengan perkembangan perusahaannya?   

Ø  Sistem kepercayaan merupakan serangkaian definisi organisasi yang eksplisit yang dikomunikasikan oleh para manajer senior secara formal dan ditegakkan secara sistematis untuk memberikan nilai-nilai dasar, tujuan dan arahan bagi organisasi. Sistem kepercayaan mengkomunikasikan nilai-nilai inti untuk memberikan inspirasi dan memotivasi karyawan untuk mencari mengeksplorasi, menciptakan dan melakukan usaha yang terkait dengan tindakan yang tepat. Sistem ini  pada  dasarnya  dalam  pengimplementasian  strategi  berkaitan  dengan  strategi sebagai perspektif

Ø  Sistem batasan adalah sistem formal yang membatasi domain atau wilayah yang bisa diterima dari aktivitas strategik untuk para anggota organisasi. Sistem batas digunakan oleh manajer puncak untuk membentuk batasan-batasan berupa aturan dan mengkomunikasikannya dengan tindakan yang harus dihindari oleh karyawan. Tujuannya adalah untuk memberikan karyawan kebebasan agar bias berinovasi dan berprestasi dalam bidang-bidang tertentu yang telah ditentukan sebelumnya. Sistem batas diciptakan melalui pelaksanaan kode etik, sistem perencanaan strategi, dan pelaksanaan melalui perintah yang diberikan kepada manajer bisnis dan juga melalui standar yang melekat. Pengimplementasian strategi dalam sistem batas  diberlakukan sebagai posisi (Strategy as “position”) dan juga dibuat untuk menghindari resiko

Ø  Sistem   pengendalian   interaktif   merupakan   suatu   sistem   formal   yang digunakan oleh manajer puncak untuk secara teratur dan secara personal melibatkan mereka sendiri dalam aktivitas pengambilan keputusan dari bawahan. Tujuan sistem pengendalian interaktif adalah untuk fokus perhatian dan memaksakan dialog dan pembelajaran melalui organisasi yang direfleksikan melalui sinyal-sinyal yang dikirim oleh manajer puncak. Sistem pengendalian interaktif pada dasarnya menggambarkan tekanan positif dari sistem pengendalian manajemen yang digunakan untuk memperluas pencarian peluang dan pembelajaran. Sistem ini juga dimaksudkan untuk membantu perusahaan mencari cara-cara baru untuk menempatkan posisinya secara strategik dalam pasar yang   dinamis. Sistem pengendalian interaktif dapat merangsang pengembangan ide-ide baru dan inisiatif dan arahan-arahan yang muncul dari bawah ke atas dengan fokus pada ketidakpastian strategi.

 

b.      Menurut saudara sistem pengendalian mana yang cocok diterapkan untuk suatu  perusahaan tertentu dengan memberikan contoh pada perusahaan yang saudara kenal dengan baik atau dimana saudara bekerja saat ini. Mengapa demikian?

Untuk suatu perusahaan tertentu saya mencontohkan pada usaha jasa playland tempat saya bekerja dulu yaitu dengan menggunakan sistem diagnostic, mengapa demikian karena pada sistem diagnostic mengandung setiap sistem informasi yaitu berupa adanya tujuan untuk dilanjutkan, ukuran keluaran, menghitung atau mengkalkulasi penyimpangan kinerja, dan menggunakan informasi penyimpangan sebagai umpan balik untuk mengubah masukan dan/atau proses agar kinerja yang diharapkan sesuai dengan standar. Bentuk sistem pengendalian diagnostik dan pengukuran kinerja yang saya contohkan yaitu berupa balance scorecard pada usaha jasa playland ini. Cara memantau sistem pengendalian diagnostik  yaitu dengan melihat informasi  penyimpangan  mengenai  variabel-variabel kinerja yang telah ditentukan sebelumnya. Sehingga sejalan dengan Sistem diagnostic yang dimaksudkan untuk memotivasi para karyawan untuk berkinerja dan menyesuaikan perilaku mereka dengan tujuan-tujuan organisasi/perusahaan.  Sistem  pengendalian  diagnostik  merupakan  sistem  umpan balik formal yang digunakan untuk memantau hasil organisasi dan mengoreksi penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dari standar kinerja yang ditetapkan sebelumnya. Berikut uraian atas kinerja pada balance scorecard:

 

Strategi

Indikator

Target

Inisiatif

Perspektif keuangan

Meningkatkan pendapatan di hari weekend

Jumlah pelanggan yang membeli tiket

Kepuasan pelanggan yang bermain menghabiskan waktu lebih dari 60 menit dan langganan yang datang min. 2x dalam sebulan

Menarik perhatian pelanggan dengan fasilitas yang lengkap untuk tempat bermain anak

Perspektif pelanggan

Meningkatkan jumlah pelanggan, mempertahankan langganan dan kepuasan pelanggan

Peningkatan jumlah pelanggan baru dalam sebulan dan reputasi yang baik di mata pelanggan

Peningkatan pelanggan baru 5% selama sebulan.

Dengan memberikan member anggota jika telah mengumpulkan 10 stempel mendapatkan gratis bermain 30 menit

Perspektif proses bisnis internal

Meningkatkan mutu pelayanan

Jumlah keluhan pelanggan

2 keluhan dalam sebulan

Mengerti kebutuhan pelanggan dan berinteraksi secara ramah.

Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan

Meningkatkan skill karyawan berbahasa inggris untuk untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang tidak bisa berbahasa Indonesia.

Capaian hasil kinerja tingkat kepuasan pelanggan terhadap karyawan tersebut.

2x dalam sebulan

Dengan memberikan pelatihan bahasa inggris dan liburan untuk karyawan yang kinerjanya bagus.

 

Sehingga sistem pengendalian diagnostic yang saya contohkan melihat pengendalian menyimpang tidaknya dari 4 perspektif tersebut yang mana tujuannya untuk mengkoordinasi dan memantau implementasi strategi yang telah direncanakan sebelumnya. Pengendalian strategi dikomunikasikan sebagai rencana dan tujuan-tujuan oleh manajer.

 

2.        Permasalahan yang terkait keperilakuan dalam akuntansi pertanggungjawaban dapat berdampak serius bagi individu dan organisasi. Perilaku yang menyimpang dari apa yang diharapkan, rendahnya motivasi dan tidak layaknya manajer pusat pertanggungjawaban untuk mengakomodasi aspek keperilakuan secara tepat.

a.    Jelaskan pernyataan di atas!

Maksud dari pernyataan di atas adalah contoh - contoh  dari gagalnya pusat pertanggung jawaban untuk mengakomodasi aspek-aspek keprilakuan secara tepat terkait keperilakuan dalam akuntansi pertanggungjawaban yang bisa berdampak serius bagi indivdu dan organisasi  yaitu seperti adanya perilaku menyimpang dari apa yg diharapkan maksudnya adalah perilaku menyimpang pada tiap karyawan muncul yang mengisyaratkan adanya ketidak puasan sehingga terjadi pembangkangan para karyawan dikarenakan tidak sesuainya tenaga dengan hasil yang mereka peroleh, sehingga muncul juga rendahnya motivasi dan turunnya semangat kerja mereka dan tidak layaknya manajer pusat pertanggungjawaban untuk mengakomodasi aspek keperilakuan secara tepat maksudnya adalah ketidaktepatan manajer dalam pengambilan keputusan dalam suatu pusat pertanggungjawaban tersebut sehingga dari permasalahan tersebut mengakibatkan turunnya kinerja pada diri individu itu sendiri maupun terhadap organisasi tersebut.

 

b.   Carilah sebuah perusahaan yang saudara kenal dengan baik kemudian jelaskan pusat pertanggugjawaban apa saja yang ada di perusahaan tersebut. Selanjutnya  buat analisa apakah terdapat permasalahan yang terkait dengan keperilakuan atas akuntansi pertanggungjawaban yang ada dalam perusahaan tersebut. Terakhir berikan saran untuk memperbaiki sistem akuntansi pertanggungjawabannya!

Saya mencontohkan pada tempat saya bekerja dahulu yaitu pada usaha jasa permainan anak-anak, dimana pusat pertanggungjawaban terdiri dari pusat pendapatan dan pusat biaya, dimana pusat pendapatan hanya dipegang oleh seorang manajer untuk diberbagai cabang dalam kota maupun luar kota, dan pusat biaya diserahkan kepada pengelola utama dalam aktivitas operasional di setiap cabang. Dalam analisa saya pada pusat pendapatan terdapat permasalahan mengenai aspek keperilakuan dalam akuntansi pertanggungjawaban yaitu tolok ukur pendapatan hanya dinilai berdasarkan kepuasan pelanggan semakin banyak pelanggan yang puas akan semakin meningkatkan pendapatan. Sehingga pelayanan adalah hal utama, namun hal tersebut terkadang menimbulkan ketidakselarasan tujuan antara manajer dan karyawan yang mana jika terdapat keluhan, karyawan dinilai salah. Sehingga turunnya motivasi karyawan dan ketidakselarasan tujuan tersebut mengakibatkan kurangnya efisiensi dan kinerja pada pusat pertanggungjawaban. Begitu pula pada manajer pusat pendapatan yang merangkap tanggungjawab di cabang dalam kota dan di luar kota sehingga adanya overloading informasi dan keterlambatan pelaporan. Pada pusat biaya, biaya-biaya yang dikeluarkan tidak dianggarkan sebelumnya sehingga tolok ukur biaya yang dikeluarkan berdasarkan kebutuhan dan tidak ada batasan biaya.

Saran saya untuk pusat pendapatan adalah pada pengambilan keputusan dalam ukuran kinerja dalam pusat pendapatan tidak hanya diukur berdasarkan kepuasan pelanggan namun juga pada penerapan strategi lainnya misalnya promosi dan manajer pusat pendapatan tidak merangkap untuk semua cabang dalam kota dan luar kota, karena fokus dari tolok ukur pendapatan hanya terpusat pada pusat operasional. Dan saran untuk pusat biaya untuk dilakukan anggaran biaya sehingga pengelola yang bertanggungjawab dapat menjadikan acuan sebagai pengendali efisiensi biaya apakah biaya yang dianggarkan sudah melebihi atau masih dalam batas wajar.

 

3.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

a.      Mengapa anggaran begitu penting bagi suatu perusahaan ?

Karena menyusun anggaran di dalam sebuah proyek maupun program sangat penting bagi suatu organisasi / perusahaan yang merupakan cara untuk merencanakan dan memastikan bahwa sebuah organisasi di dalam perusahaan tersebut telah mengalokasikan sumber dayanya dengan baik. Penganggaran tidak hanya sekedar mengisi lembaran dengan jumlah pengeluaran dan pendapatan, tetapi melibatkan langkah-langkah penting lainnya seperti perencanaan, pengawasan dan penerapan terus menerus. Anggaran bagi suatu perusahan merupakan suatu rencana keuangan yang digunakan perusahaan sebagai pedoman menilai kinerja, alat untuk memotivasi kinerja para anggota organisasi, alat koordinasi dan komunikasi antara pemimpin dengan bawahan dalam organisasi. Anggaran secara konsep luas merupakan alat pengendali suatu perusahaan atau organisasi. Sehingga anggaran mempunyai makna yang penting dan kompleks karena anggaran mempunyai dampak fungsional maupun disfungsional terhadap sikap dan perilaku anggota suatu organisasi di dalam perusahaan.

 

b.      Apa saja tiga langkah utama dalam proses penyusunan anggaran dan mengapa manusia memainkan peranan penting dalam setiap proses tersebut?

1.      Tahap Penetapan Tujuan

Aktivitas perencanaan dimulai dengan menerjemahkan tujuan organisasi yang luas ke dalam tujuan-tujuan aktivitas yang khusus. Untuk menyusun rencana yang realistis dan menciptakan anggaran yang praktis, interaksi yang ekstensif diperlukan antara manajer lini dan manajer staf organisasi.  Kontroler dan direktur perencanaan memainkan peranan kunci dalam proses manusia dari penyusunan anggaran ini. Jika sesuai baik dengan struktur organisasi maupun gaya kepemimpinan, maka manajer tingkat bawah dan para karyawan sebaiknya diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses penetapan tujuan karena dengan demikian mereka akan lebih mungkin menerima tujuan yang turut mereka formulasikan.

2.      Tahap Implementasi

Pada tahap ini, rencana formal tesebut digunakan untuk mengomunikasikan tujuan dan strategi organisasi, serta untuk memotivasi orang secara positif dalam organisasi. Hal ini dapat dicapai dengan meyediakan target kinerja terinci bagi mereka yang bertanggungjawab untuk mengambil tindakan. Agar rencana tersebut berhasil, maka rencana itu harus dikomunikasikan secara efektif.

3.      Tahap Pengendalian dan Evaluasi Kinerja.

Setelah anggaran diimplementasikan, maka anggaran tersebut berfungsi sebagai elemen kunci dalam system pengendalian. Anggaran menjadi tolok ukur terhadap mana kinerja actual dibandingkan dan berfungsi sebagai suatu dasar untuk melakukan manajemen berdasarkan pengecualian.

Manusia memainkan peranan penting dalam setiap proses tersebut karena manusia adalah  konsep utama perilaku dalam setiap tahap penyusunan anggaran.

 

c.       Partisipasi karyawan dalam pengambilan keputusan telah memiliki dampak psikologis positif terhadap karyawan dan meningkatkan kuantitas maupun kualitas dari output karyawan.  Jelaskan mengapa demikian?

Dalam proses pemecahan masalah dan pelaksanaan pengambilan keputusan, karyawan diikutsertakan untuk andil dalam pengambilan keputusan tersebut sehingga berdampak baik terhadap karyawan. Kuantitas yang dimaksud adalah seberapa banyak hasil peningkatan kinerja yang dapat dihasilkan karyawan dan juga output dari hasil kinerja tersebut berkualitas yang artinya kuantitas dan kualitas sejalan atas hasil dari kinerja karyawan tersebut.

 

4.        a.   Apa tujuan utama dari akuntansi biaya?

Akuntansi biaya bertujuan untuk menyediakan informasi biaya bagi kepentingan manajemen, agar mempermudah mereka dalam mengelola keuangan perusahaan. Adapun tujuan akuntansi Biaya ialah sebagai berikut:

·         Untuk pengendalian biaya,, misalnya dalam hal mengendalikan biaya, harus diawali dengan menentukan biaya yang harus dikeluarkan dan melakukan produksi terhadap satuan produk maupun jasa.

·         Untuk menentukan harga pokok suatu produk atau jasa. Umumnya akuntansi biaya dalam hal penentuan harga pokok dari produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan manajemen dan pihak luar perusahaan. Oleh karena itu proses perancangan akuntansi biaya ini bermanfaat untuk menentukan harga pokoknya berlandaskan pada Standar Akuntansi Kekuangan “SAK” yang masih berlaku. Berbagai macam biaya pembuatan produk maupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan akan dicatat, digolongkan dan diringkas oleh akuntansi biaya. Sehingga nantinya laporan biaya yang disuguhkan nantinya berupa biaya historis perusahaan tersebut.

·         Untuk pengambilan keputusan, keputusan yang diambil oleh manajemen akan berhubungan dengan masa depan perusahaan yang dipimpinnya. Oleh karena itu informasi akuntansi yang benar atau relevan akan mempengaruhi dalam hal pengambilan keputusan manajemen yang mana keputusan tersebut akan berpengaruh pada perusahaan dimasa yang akan datang. Karena bisa membantu dalam hal pengambilan keputusan, maka laporan akuntansi biaya termasuk dalam bagian akuntansi manajemen.

 

b.      Perhitungan biaya langsung merupakan metode yang bagus baik secara teknis maupun keperilakuan.  Jelaskan mengapa demikian?

Secara Teknis dalam perhitungan biaya langsung terjadi perbedaan perlakuan antara biaya produksi dengan biaya siap menghasilkan overhead tetap/biaya periode. Biaya produksi hanya mengakui biaya yang disebabkan oleh aktivitas produksi atau penyerahan jasa saat sekarang. Sedangkan biaya periode merupakan biaya untuk memelihara dan menjamin ketersediaan potensi kemampuan produksi jangka panjang.

Maka secara teknis, keuntungan sistem biaya langsung tercermin pada informasi biaya yang diberikan guna membantu manajemen puncak membuat keputusan strategis sehari-hari tanpa harus menunggu proses akuntansi yang menyita waktu. Dan bagus secara keperilakuan karena pengetahuan akan biaya diferensial atau biaya variabel serta margin kontirbusi akan mempengaruhi perilaku manajer dan mengarahkan mereka pada pengambilan keputusan yang lebih baik. Beberapa situasi pengambilan keputusan yang umum seperti keputusan bauran produk, penentuan harga produk baru, penghapusan produk, pesanan khusus, kampanye iklan dan promosi, keputusan mengurangi biaya.

 

c.       Bagaimana standar ditetapkan dalam biaya standar?

Standar dapat diterapkan jika standar tersebut berisikan kriteria-kriteria terstruktur yang dipakai untuk mengukur kinerja dan mengendalikan biaya. Bila kriteria standar tepat dan membawa perubahan kualitas dan aspirasi anggota organisasi, maka akan menghasilkan perilaku pekerja yang nyata dan efisien. Maka secara umum standar tersebut ditetapkan dalam biaya standar apabila standar itu memenuhi kriteria sebagai kesatuan pengukuran yang ditetapkan dalam suatu pedoman dalam melaksanakan pekerjaan.

 

5.      a.   Mengapa standar dipandang penting oleh pekerja sebagai sasaran kinerja yang valid?

Standar dipandang penting oleh pekerja sebagai sasaran kinerja yang valid karena kriteria-krteria yang dijadikan standar, disusun dengan menyertakan partisipasi anggota organisasi, sehingga mereka mengetahui tuntutan yang diharapkan dan dampak-dampaknya bagi mereka. Dan kriteria tersebut memberikan hasil terukur dan objektif dan dapat digunakan sebagai umpan balik manajemen bagi anggota untuk melakukan tindakan koreksi segera terhindar dari curiga dan penilaian pribadi.

 

b.      Apa yang dimaksud dengan keputusan yang terencana/terprogram? Bagaimana hal ini  dapat dikatakan berbeda dengan keputusan yang tidak terencana/terprogram? Sertakan contohnya!

Keputusan terprogram/keputusan terstruktur adalah keputusan yg berulang-ulang dan rutin, sehingga dapat diprogram. Keputusan terstruktur terjadi dan dilakukan terutama pada manjemen tingkat bawah. Dikatakan berbeda dengan keputusan tidak terprogram/ tidak terstruktur adalah karena keputusan tidak terprogram/ tidak terstruktur keputusannya tidak terjadi berulang-ulang dan tidak selalu terjadi. Keputusan ini terjadi di manajemen tingkat atas. Informasi untuk pengambilan keputusan tidak terstruktur tidak mudah untuk didapatkan dan tidak mudah tersedia dan biasanya berasal dari lingkungan luar. Pengalaman manajer merupakan hal yang sangat penting di dalam pengambilan keputusan tidak terstruktur.

Contoh Keptusan terprogram/keputusan terstruktur adalah keputusan pemesanan barang, keputusan penagihan piutang.

Contoh keputusan tidak terprogram/ tidak terstruktur adalah Keputusan untuk bergabung dengan perusahaan lain, perluasan fasilitas-fasilitas pabrik, pengembangan produk baru, pengolahan dan pengiklanan kebijaksanaan- kebijaksanaan, manajemen kepegawaian.

 

 Nb : Jangan jadikan referensi ini sebagai tolok ukur kunci jawaban yang benar😉

0 Response to "Latihan 2 Soal dan Jawaban Akuntansi Keperilakuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel